Minggu, 17 Oktober 2010

resume pengantar bisnis bab 4

PEGANTAR BISNIS
BAB 4
MANAJEMEN UMUM
4.1 Pengertian Manajemen
a. Arti dan Fungsi Manajemen
definisi tentang manajemen yang didefinisikan oleh prof.Oei Liang Lee adalah sebagai berikut : Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan , mengorganisasi , mengarahkan , mengkordinasi , serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat – alat untuk mencapai tujuan yang telah di tetepkan .
kesimpulan dari definisi manajemen mempunyai lima fungsi yaitu :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengkoordinasian
5. Pengawasan

b. Jenjang Manajemen
perusahaan – perusahaan besar biasanya mempunyai paling sedikitnya tiga jenjang manjemen yaitu :
manajemen puncak atau manjemen eksekutif , manajemen madya atau manajemen administrative dan manajemen oprasional atau manajemen supervisor .
4.2 Latar Belakang Sejarah Manajemen
a . Gerakan Manajemen Ilmiah
dalam buku the principles of scientific management , taylor mengemukakan beberapa prinsip manajemen ilmiah untuk melakukan pekerjaan dengan efisisien . prinsip – prinsip tersebut adalah :
prinsip 1 : semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan satu
cara terbaik untuk menyelesaikannya .
prinsip 2 : orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah
prinsip 3 : kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggaji pemengang jabatan dengan dasar insentif ,yaitu menyamakan gaji dengan hasil kerjanya
prinsip 4 : menempatkan menajer dalam perencanaan , persiapan dan pemeriksaan pekerjaan
4.3 Sekolah –Sekolah Tentang Pemikiran Manajemen
a. Sekolah Klasik ( classical school )
teori klassik mendefinisikan manajemen menurut tugas yang dilakukan oleh para manajer
b. Sekolah Prilaku ( behavioral school )
sekolah ini memusatkan perhatian pada aspek kemanusian dari manajemen dan menekankan kebutuhan bagi para manajer untuk memehami manusia .
c . Sekolah Ilmu Manajemen ( Management Science School )
sekolah ilmu manajemen ini melibatkan matematik dan statistik . ilmu manajemen merupakan suatu pendekatan kuantitatif yang memberikan alat untuk menyelesaikan masalah – masalah bisnis
d. Analisis Sistem
sistem adalah suatu unit yang dibentuk dari dua atau lebih bagian – bagian independen yang berinteraksi untuk membentuk sebuah organisme fungsi . analisis sistem merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah – masalah bisnis dengan mengidentifikasi bagian utama dari suatu masalah dan hubungan mereka .
e . Manajemen Hasil
menejemen hasil atau manjemen bedasarkan sasaran ( management by objectives / MBO ) . MBO adalah suatu program untuk meningkatkan motivasi dan pengendalian karyawan . MBO memusatkan perhatian kepada hasil , bukan prilaku yang diperlihatkan oleh karyawan .
4.4 Perencanaan
Perencanaan merupakan fungsi terpenting diantara semua fungsi manajemen yang ada. fungsi perencanaan haruslah dilakukan terlebih dahulu daripada fungsi – fungsi pengorganisasian , pengarahan , pengkoordinasian , dan pengawasan .


a. Bentuk – bentuk perencanaan
1. Tujuan ( Objective )
Semua orang harus mengetahui tujuan dalam organisasi yang hendak dicapainya . agar kegiatan yang dilakukannya tidak saling bertentangan .
2 . Kebijakan ( Policy )
kebijakan adalah suatu pernyataan atau pengertian untuk menyalurkan pikiran dalam mengambil keputusan terhadap tindakan – tindakan untuk mencapai tujuan .
3. Strategi
strategi merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah dibuat . dalam membuat strategi haruslah memperhatikan beberapa faktor seperti : ketepatan waktu , ketepatan tindakan yang dilakukan dan sebagainya .
4. Prosedur
prosedur merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang . adanya prosedur akan lebih memudahkan pelaksanaan semua aktivitas dalam organisasi .
5 . Aturan ( rule )
aturan adalah suatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari prosedur .
6. Program
program merupakan campuran antara kebijakan prosedur , aturan dan pemberian tugas yang disertai dengan suatu anggaran ( budget ) . program umum meliputi seluruh organisasi , sedangkan program khusus hanya mencakup kegiatan – kegiatan dari dari masin – masing bagian yang ada dalam organisasi tersebut .
b. kegunaan Perencanaan
1 . Mengurangi ketidakpastian serta Perubahan pada Waktu Mendatang
2. Mengarahkan Perhatian Pada tujuan
3. Memperingan Biaya
4. Merupakan sarana untuk mengadakan pengawaasan
c. Langkah – Langkah Penyusunan Perencanaan
1 . Menetapkan Tujuan
2. Menyusun Anggapan – anggapan ( Premising )
3 Menentukan Berbagai Alternatif tindakan
4. Mengadakan pernilaian terhadap alternatif – alternatif tindakan yang sudah dipilih
5. Menggambil Keputusan
6. Menyusun rencana pendukung
d. Perencanaan Merupakan Proses Pendekatan Yang Rasional
perencanaan merupakan suatu proses pendekatan yang rasional untuk waktu yang akan datang .
e . Jangka Waktu Perencanaan
1. perencanaan jangka panjang
2. perencanaan jangka menengah
3. perencanaan jangka pendek
f. Faktor – faktor yang membatasi Perencanaan
1. Sulitnya mencari anggapan secara teliti
2. Perubahaan yang sangat cepat
3. kekakuan internal
4. kekakuan eksternal
5. waktu dan biaya
g . Pengambilan Keputusan
1. syarat pengambilan keputusan
- harus berusaha untuk dapat mencapai suatu tujuan
- harus dapat mengetahui dengan jelas tentang tujuan – tujuan manakah yang dapat dicapai beserta kekurangan
- harus bersikap optimis dan mempunyai kemauan yang kuat untuk memilih alternatif yang paling baik
2 . Alat Pengambil Keputusan
- Analisa Risiko
- Pohon Keputusan ( decision tree )

4.5 Pengorganisasian
a.Pengertian
setiap organisasi memiliki tiga komponen pokok yaitu personalia , fungsi dan faktor fisik . hubungan – hubungn yang timbul di dalam organisasi dapat berbentuk hubungan formal dan informal .
b. Pola Hubungan antar Komponen Organisasi
antara tujuan , fungsi tanggung jawab dan wewenang serta pertanggung jawaban mempunyai hubungan yang erat dan berkaitan satu dengan lainnya .
c. Rentang Kekuasaan
masing – masing individu pasti memiliki frekuensi yang berbeda- beda dengan individu yang lainnya . banyak atau sedikitnya frekuensi hubungan antara pimpinan dan bawahan dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu :
1.Latihan dari bawahan
2.Pendelegasian wewenang
3. Perencanaan
4.Teknik Komunikasi
d. Dasar – Dasar Penggolongan Bagian di Dalam Organisasi
1. Didasarkan pada satu angka
2.didasarkan pada waktu
3. didasrkan pada fungsi perusahaan
4. didasrkan pada luas daerah operasi
5.didasarkan pada jenis barang yang dihasilkan
6. didasarkan pada jenis langganan
e. Karakteristik struktur organisasi
organisasi yang bagus harus memiliki dua karakteristik dasar yaitu :
1. Keseimbangan dalam organnisasi
2. Fleksibel
4.6 Pengarahan
karena pola krhidupan manusia yang berbeda – beda , ,pandangan pola hidup yang berbeda – beda pula . oleh karena itu pengarahan yang dilakukan oleh pimpinan harus berpengan pada beberapa prinsip , diantaranya :
1. Prinsip mengarah kepada tujuan
2. prinsip keharmonisan dengan tujuan
3. Prinsip Kesatuan Komando
a . Cara – Cara Pengarahan
1. Orientasi
2. Perintah
3. Delegasi wewenang
b. Komunikasi
komunikasi dapat diartikan sebagai pertukaran pikiran atau informasi agar supaya terdapat saling pengertian serta hubungan antara manusia secara serasi .komunikasi dapat lebih efektif dan efisien jika kita memperhatikan beberapa prinsip berikut :
1. kumunikasi harus jelas
2. prinsip integritas
3.prinsip penggunaan organisasi informal
c. Motivasi
biasanya , keberhasilan yang dicapai akan semakin besar jika para manajer mampu memberi motivasi kepada karyawannya meskipun perencanaan dan organisasi tidak begitu sempurna . motivasi memiliki dua macam bentuk yaitu motivasi positif dan motivasi negatif .
4.7 Pengkoordinasian
koordinasi yang baik dapat dilakukan jika masing – masing individu menyadari dan memehami akan tugas – tugas mereka . untuk itu mereka perlu mengetahui lebih dulu tentang tujuan organisasi.
a. Prinsip – prinsip koordinasi
1. prinsip kontak langsung
2. prinsip penekanan pada pentingnya koordinasi
3. hubungan timbale balik di antara faktor – faktor yang ada
b. Pelaksanaan Fungsi Koordinasi
semua fungsi merupakan tanggung jawab dari manajer . fungsi pengkoordinasian dan pengawasan agar tujuan organisasi dapat tercapai .
4.8 Pengawasan
a. Pengertian
pengawasan merupakan fungsi terakhir yang harus dilaksanakan dalam manajemen . pengawasan yang dilakukan oleh para manajer pada setiap tahap memungkinkqan untuk memperkirakan gejala – gejala penyimpangan .
b. Langkah –langkah Pengawasan
1. menciptakan standart
2. membandingkan kegiatan yang dilakukan dengan standart
3. melakukan tindakan koreksi
c. Syarat – syarat pengawasan yang baik
- pengawasan harus mendukung sifat dan kebutuhan kegiatan
- pengawasan harus melaporkan setiap penyimpangan yang terjadi
- pengawasan harus mempunyai pandangan ke depan
- pengawasan harus ojektif
- pengawasan harus fleksibel
- pengawasan harus ekonomis
- pengawasan harus mudah dimengerti
- pengawasan harus diikuti dengan perbaikan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar