Senin, 11 Oktober 2010

resume pengantar bisnis modern bab 2

PENGANTAR BISNIS MODEREN
BAB 2
LINGKUNGAN PERUSAHAAN
2.1 Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan
kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan manusia . sebab itu , perusahaan memiliki beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia . perusahaan tidak boleh berperinsip “ semau gue “ dalam melaksanakan kegiatannya . istilah tanggung jab menunjukan pertimbangan management tentang pengaruh sosial dan pengaruh ekonomi darri setiap keputusannya .
a. pengertian lingkungan perusahaan
lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor – faktor ekstern yang mempengruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya . faktor yang mempengaurhi perusahaan tersebut adalah lusan dan banyak ragamnya termasuk aspek ekonomi , politik , sosial , etika-hukum , dan ekologi / fisik .
- perusahaan dalam masyarakat yang pluralistik
masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan . masyarakat saat ini memiliki pengaruh yang sangat kuat oleh karena itu , perusahaan harus menjaga hubungan baik dengan kelompok atau pihak – pihak yang berkepentingan .
- kesan negatif tentang perusahaan
banyak masalah yang menimbulkan kesan negatif tentang perusahaan antara lain ; penyelewengan pajak , penyelundupan barang , penyogokan kepada pejabat pemerintah , periklanan yang menipu , kebocoran pabrik yang berbahaya , pembayaran – pembayaran yang tidak legal , dll . usaha untuk memperbaiki kesan negatif tersebut adalah , perusahaan harus tidak menciptakan kesan negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif .

2.2 Lingkungan Fisik , Energi dan Konservasi
a. Ekologi
ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan lingkungannya .
b. Macam – macam Polusi
polusi udara dapat menyebabkan dampak negatif yang dikaitkan dengan penyakit jantung dan kulit .
pencemaran air salah satunya adalah penggunaan pupuk yang kandungan nitratnya tinggi dapat menimbulkan polusi air baik di permukaan tanah maupun di bawah tanah.
pencemaran sampah awet terjadi karena makin banyak jumlah penduduk dalam suatu kota , maka semakin sulit pula manajemen penggolahan sampahnya . pekerjaan yang dilakukan oleh para pengumpul barang – barang bekas merupakan salah satu tahap awal yang baik , karena disamping menciptakan lapangan kerja juga dapat menghemat energi dan mengatasi persoalan sampah .
c. Energi dan Konservasi
di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan di samping batu bara dan air . kemudian muncul penggunaan gas alam yang dihasilkan di dalam negeri. dari sumber energi tersebut , energi matahari dapat member prospek penggunaan yang baik di masa depan . sebagian besar penggunaan energi di dunia saat ini masih bergantung pada minyak dan gas .
2.3 Lingkungan Perekonomian dan Perpajakan
a. Alasan – alasan bagi Meningkatkan Pengeluaran Pemerintah
Pemerintah membiayai pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak . alasan bagi pemerintah menaikan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang meningkat . setiap periode pembangunan,pengeluaran untuk keperluan pertahanan juga semakin meningkat . apabila pemerintah dapat menekan pengeluaran ini , maka kebutuhan – kebutuhan lainnya akan terpenuhi .

b. Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
defisit terjadi apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilannya. untuk menutup defisit ini dapat dilakukan dengan peminjaman kepada bank – bank . jumlah uang yang di pinjam dengan cara ini disebut “utang negara” . beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah , antara lain ;
- Pajak Tidak Langsung
pajak tidak langsung adalah pajak penjualan impor,cukai,bea masuk,pajak ekspor dan sebagainya .
- Pajak Langsung
pajak kekayaan termasuk pajak langsung karena langsung dipungut pada pembayar pajak .
2.4 Lingkuungan Hukum
kegiatan perusahaan berada didalam kerangka hukum , sehingga faktor hukum ini mempengaruhi keputusan – keputusan transaksi dalam perusahaan . hukum yang ada di Indonesia dikelompokan kedalam hukum publik dan hukum privat .
a. Hukum Publik
hukum publik ini mengatur masalah – masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum . yang termasuk kedalam hukum publik antara lain ; hukum tata negara,hukum tata usaha,dan hukum pidana .
b. Hukum Privat
hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal –hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok . yang termasuk kedalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang .
2.5 Lingkungan Pemerintahan
hubungan antara perusahaan dan pemerintah menimbulkan berbagai macam kelompok kegiatan usaha dan berpengaruh terhadap perubahan sumber – sumber yang digunakan . pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk , antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten , serta pengadaan kontrak – kontrak .
a. Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
pemerintah membantu perusahaan – perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen . bantuan semacam ini disebut subsidi . contoh bantuan pemerintah antara lain ;
- bantuan dibidang transportasi
- bantuan pada perusahaan – perusahaan kecil
- bantuan di bidang komunikasi
2.6 Lingkungan Internasional
lingkungan internasional merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia . krisis energi yang sudah terjadi pada tahun 1973 menyebabkan beberapa negara pengimpor minyak mengalami kesulitan .beberapa negara maju seperti amerika , jepang memegang peranan penting dalam perekonomian dunia .
a. Neraca Pembayaran Internasional
keadaan perekonomiaan internasionasl beberapa negara ditunjukan dalam neraca pembayarannya . neraca pembayaran ini menggambarkan transaksi – transaksi internasional . teori ekonomi tradisional menitik beratkan pada suatu pendapat tentang keunggulan komparatif . adanya spesialisasi tenaga kerja yang disertai dengan penukaran barang – barang , menyebabkan penduduk di masing – masing negara mendapatkan standar hidup yang lebih tinggi .
b. Perusahaan – perusahaan Multinasional ( multinational corporation )
perusahaan multinasional kebanyakan berasal dari eropa , amerika dan jepang . di eropa telah terbentuk passaran bersama eropa ( PBE ) yang terdiri dari negara perancis , jerman barat , italia , Nederland , belgia , luxembrug , dan inggris .

c. Kegiatan – kegiatan Multinational
perusahaan multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu negara saja , tetapi ke negara – negara lain . perusahaan multinasional dapat membantu untuk memperbaiki kondisi perekonomian dari satu negara tehadap negara lain .
d. Ciri – ciri Perusahaan Multinasional
PBB mendefinisikan perusahaan multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha – usaha penggolahan / manufaktur / pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara .
e . Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional
kebaikan perusahaan multinasional
- menambah devisa
- mengurangi kebutuhan devisa
- menambah kesempatan kerja
- meningkatkan taraf hidup karyawan
- meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi tenaga kerja
- memodernisir industri
- menambah arus barang
- memperluas pasar faktor – faktor produksi
- ikut mendukung pembangunan nasional
keburukan perusahaan multinasional
- semakin banyak perusahaan multinasional mempengaruhi kekuasaan ekonomi
- dapat merusak kehidupan politik dan ekonomi negara

f. Lembaga – lembaga yang membantu Perdagangan Internasional
- export and import commission house
- merchant exsporters and importers
- manufacturer’s export agents
- export and import brokers
g. Perkembangan Impor dan Ekspor Indonesia
impor yang dilakukan di Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan barang , yaitu :
- barang konsumsi seperti beras
- bahan baku dan penolong sepeti cengkeh , bahan kimia , pupuk , kertas , dll .
- baranng modal seperti mesin – mesin , generator listrik , alat telekomunikasi , dll .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar