Selasa, 02 November 2010

resume pengantar bisnis bab 7

Pengantar bisnis

7.1 PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN

a. Pengertian Pemasaran

pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan . pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan , menentukan harga , mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang pontensial .

b. Penciptaan Faedah Bagi Konsumen

faedah ( untility ) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan . kegiatan pemasaran menciptakan empat faedah yaitu faedah waktu , tempat , milik , dan informasi . sedangkan faedah bentuk diciptakan oleh kegiatan produksi .

c. Konsep Pemasaran

konsep pemasaran adalah sebuah filsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuas kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan .

d. Pendekatan Studi Pemasaran

1. Pendekatan serba fungsi

2. Pendekatan serba Lembaga

3. Pendekatan serba barang

4. Pendekatan serba management

5. Pendekatan serba system

7.2 STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN

a. Pengertian Pasar

Pasar adalah orang – orang yang mempunyai keinginan untuk puas , uang untuk berbelanja , dan kemauan untuk membelanjakannya .

b. Macam – Macam Pasar

- Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang – barang untuk di konsumsi

- Pasar Industri adalah pasar yang terdiri atas individu – individu , organisasi atau lembaga yang membeli barang – barang untuk dipakai lagi .

- Pasar Penjual adalah pasar yang terdiri atas individu dan organisasi untuk membeli barang atau disewakan agar mendapat laba .

- Pasar Pemerintah adalah pasar yang terdapat lembaga – lembaga pemerintah seperti department ,dll .

c. Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi – bagi pasar yang bersifat hetorogen dari suatu produk kedalam satuan – satuan pasar (segmen pasar) yang bersifat homogen .

7.4 MARKETING MIX DAN PRODUK

a. Pengertian marketing mix

Pengertian marketing mix adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran prusahaan yakni : produk , struktur harga , kegiatan promosi dan sistem distribusi.

b. Pengertian Barang

Barang / produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba , termasuk bungkus , warna , harga , prestise prusahaan dan pengecer. pelayanan perusahaan dan pengecer yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhannya .

c. Penggolongan barang Menurut Tingkat pemakaian dan Kekongkritannya

1. Barang Tahan Lama

adalah barang yang dapat dipakai berkali – kali

2. Barang Tidak Tahan Lama

adalah barang yang hanya dapat dipakai sekali atau beberapa kali saja

3. Jasa

adalah kegiatan , manfaat , atau kepuasan yang ditawarkan untuk dijual .

d. Penggolongan Barang Menurut Tujuan Pemakaiannya Oleh si Pemakai

1. Barang Konsumsi

adalah barang yang dibeli hanya untuk dikonsumsi saja . barang konsumsi dikelompokanmenjadi tiga golongan yaitu : barang konvenien , barang shopping , dan barang spesial .

2. Barang Industri

adalah barang yang dibeli untuk diproses lagi atau untuk kepentingan dalam industri . barang industri dibedakan menjadi lima yaitu : bahan baku , komponen barang dan barang setengah jadi , perlengkapan operasi , instalasi , dan peralatan ekstra .

e. Siklus Kehidupan Barang

siklus kehidupan barang terdiri atas tahapan- tahap , tahap – tahap tersebut adalah tahap perkenalan , tahap pertumbuhan , tahap kedewasaan dan kejenuhan , dan tahap kemunduran .

f. Merk

Brand atau merek adalah suatu nama , istilah simbul , atau disain ( rancangan ) atau kombinasi yang dimaksudkan untuk memberi tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual atau sekelompok penjual dan dan untuk membedakan dari barang – barang yang dihasilkan oleh pesaing .

7.5 SALURAN PEMASARAN

a. Pengertian saluran distribusi

saluran distribusi untuk suatu barang adalah sluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau pemakai industri

b. Alternatif saluran distribusi untuk barang konsumsi dan barang industri

perantara adalah individu lembaga bisnis yang beroperasi di antara produsen dan konsumen atau pembeli industri .

c. Saluran distribusi ganda

saluran distribusi ganda dapat menciptakan sistem saluran yang bersaing dari satu produsen .

d. Perantara Saluran

perantara dalam saluran dapat berubah – ubah menurut kebutuhan atau keinginan produsennya . adapun jenis – jenis perantara adalah :

1.Pedagang Besar

2. Pengecer

3. Agen

e. Distribusi fisik

istilah distribusi fisik dipakai untuk menggambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tempat tertentu pada saat tertentu . dua masalah penting yang terdapat dalam distribusi fisik adalah pengangkutan dan penyimpanan .

7.6 PENENTUAN HARGA

a. Arti dan pentingnya harga

Harga adalah sejumlah uang (ditambah beberapa barang kalau mungkin)yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang beserta pelayanannya . penentuan harga ini merupakan salah satu keputusan yang penting bagi management .

b. Faktor yang mempengaruhi tingkat harga

1. kondisi perekonomian

2. penawaran dan permintaan

3. elastisitas permintaan

4. persaingan

5. Biaya

6. tujuan manager

7. pengawasan pemerintah

c. Metode- metode penetapan harga

1. Penetapan Harga Biaya Plus (cost-plus pricing method)

BIAYA TOTAL + MARJIN = HARGA JUAL

HARGA BELI + MARK UP = HARGA JUAL

2. Penetapan Harga Mark Up (Mark-Up Pricing method)

3. Penetapan Harga Break – even (Break-Even Pricing)

4. Penetapan Harga dalam Hubungannya dengan Pasar

d. Politik Penetapan Harga

1. Penetapan harga psikhologis

2. price Lining

3.Potongan Harga

a.Potongan Kuantitas

b.Potongan dagang

c.Potongan Tunai

d.Potongan Musiman

4. Penetapan Harga Geografis

7.7 PROMOSI DAN PERIKLANAN

a. Promosi

Promosi dipandang sebagai arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran .

b. Periklanan

periklanan adalah komunikasi non individu,dengan sejumlah biaya,melalui berbagai media yang dilakukan oleh perusahaan , lembaga non laba , serta individu – individu . masalah yang ada diperiklanan adalah : tujuan periklanan , jenis periklanan , media periklanan , dan biro periklanan .

7.8 PERSONAL SELLING , PROMOSI , PENJUALAN DAN PUBLISITAS

a. Personal selling

PERSONAL SELLING adalah interaksi antar individu , saling bertemu muka yang ditujukan untuk menciptakan , memperbaiki ,menguasai , atau mempertahankan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan dengan pihak lain .

b. Promosi Penjualan

promosi penjualan merupakan istilah yang berbeda dengan istilah”promosi” . promosi penjualan ini menggunakan media atau alat – alat seperti peragaan , pameran , demonstrasi , hadiah , contoh barang , dan sebagainya . kegiatan tersebut dapat digunakan untuk mendukung kegiatan promosi yang lain .

c. Publitas

Publitas merupakan salah satu kegiatan promosi melalui suatu media .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar